Kamis, 29 November 2018

CARA MERAWAT JERSEY BOLA

Akhir-akhir ini tentu aja kita bisa ngerasain kan gan lagi booming-booming nya yang namanya Trend Jersey. Kita juga bahkan mungkin sering nemuin trend ini di lingkungan kita sendiri, dimana hampir setiap orang setidaknya pasti pada punya yang namanya jersey ini. Mereka yang kena wabah jersey (udah kaya penyakit aja) ini terdiri dari berbagai macam tipe orang, dari yang memang kolektor jersey, fans setia suatu tim sepak bola, dan bahkan ada juga yang cuma sekedar ikut-ikutan trend saja.

Nah sekedar info, jersey-jersey itu juga terbagi jadi beberapa kasta (udah kaya kerajaan aja), diantaranya: ORI, Grade ORI, KW AAA dan lainnya. Dari sekian banyak tipe jersey yang ada di alam semesta ini (lebay banget dah ya), yang sering dimiliki dan dapat kita lihat oleh orang-orang saat ini adalah tipe GO dan KW AAA. Selain harganya yang tergolong cocok untuk kantong mahasiswa, pelajar, ataupun PNS (loh?) jersey tipe ini juga lebih gampang dicari di toko-toko olahraga ataupun toko yang khusus menjual jersey (bahkan di trit-trit kaskus). Banyak banget sekarang ini orang-orang yang memakai jersey, gak cuma saat bermain bola atau sekedar nongkrong nonton bareng, tetapi juga saat jalan-jalan ke Mall, kampus, atau bahkan ngapelin pacarnya (sorry for jombloers). 


Tapi, tahu gak gimana cara merawat jersey kita agar tetap terlihat baru, awet, dan berumur panjang? Kalau agan-agan masih belum tahu gimana cara merawatnya jangan khawatir, karena di sini akan diulas gimana cara agar bisa merawat jersey kesayangan. Gak perlu keluar duit banyak, simpel aja. CHECK THIS OUT..

TIPS MERAWAT JERSEY

Jangan perlakukan jersey grade ori seperti baju-baju yang terbuat dari katun dan sejenisnya! Jersey ini sangatlah sensitive sekali, jadi harus benar dalam hal pencucian, penjemuran dan perawatan. Apabila salah/keliru, jersey ini gampang sekali rusak (sablonnya retak, bordirannya lepas, dan lain sebagainya)
 
Pada dasarnya, cara perawatan jersey grade ori sudah tercantum di tag label (wash tag). Jadi tinggal ikuti saja perintah-perintah atau larangan-larangan yang terdapat pada tag label (wash tag) tersebut..
 
Tips Mencuci Jersey

 Cara Mencuci Jersey Bola yang baik:
1. Taburkan deterjen pada setengah ember ukuran sedang.
2. Aduk air dalam ember tersebut sampai berbusa.
3. Masukan jersey kedalam ember.
4. Rendam selama -+ 3 menit (warning : jangan terlalu lama)
5. Cuci jersey, Jersey dicuci dengan cara diangkat dan dicelupin berulang2, jangan sampai dikucek!
6. Setelah bilas itu masukan Jersey ke dalam ember yang diisi air bersih.
7. Angkat dan celupkan secara berulang - ulang sampai deterjen hilang.
8. Jemur jersey dengan menggunakan gantungan dan jangan sampai terkena sinar matahari langsung.


#Jangan sekali-kali memeras dengan cara diplintir, cukup diangkat dan biarkan air turun dengan sendirinya

Tips mencuci jersey Grade Ori & Player Issue:

  • Siapkanlah sebuah ember lalu diisi air dingin kira-kira setengahnya lalu taburkan deterjen kira-kira setengah genggaman lalu diaduk hingga rata sampai seluruh deterjen larut bersama air.
  • Masukkan Jersey ke dalam ember yang telah berisi air yang dicampur deterjen tadi lalu diamkan selama dua sampai tiga menit.
  • Untuk menghilangkan kotoran ataupun keringat yang menempel, angkatlah jersey dari air lalu direndam lagi, lakukanlah hal tersebut secara berulang-ulang dua atau tiga kali.
  • Setelah Jersey diangkat dan dicelupkan secara berulang-ulang lakukanlah pembilasan dengan cara memasukkan jersey ke dalam ember yang berisi air bersih, lalu angkat dan celupkan berulang-ulang sampai deterjen dan buih deterjen hilang.
  • Hal terakhir setelah proses membilah adalah menjemur dengan menggunakan gantungan (Hanger) di tempat yang tidak secara langsung terkena sinar matahari.

Tips menyetrika Jersey

  • Gunakanlah suhu setrika yang rendah(tidak terlampau panas)
  • Untuk untuk Patch yg mulai lepas setrikalah Jersey dengan cara dibalik, yaitu dengan menyetrika bagian patch dari dalam, bukan dari luar, dengan tingkat panas yg sedang, jangan terlalu panas.
  • Untuk menghindari font terkelupas, lecet, cepat berbulu, maka lapislah jersey dengan kain diatasnya, supaya jersey tidak kontak langsung dengan sterikanya.

Cara menyimpan Jersey

  • Ketika dipakai/disimpan, hindari dari gesekan-gesekan terutama dengan permukaan yang kasar, karena hal tersebut dapat menyebabkan benang-benang jersey tertarik (timbul bulu). Biasanya timbul ketika terjatuh saat Futsal atau di lapangan.
  • Simpanlah dengan cara digantung untuk menghindari sablon yg terkelupas, atau retak.
    Hal-hal yang perlu dihindari:
     
  • hindari memeras jersey saat dicuci dengan cara diplintir karena dapat menyebabkan terselupasnya sablonan, hal ini berlaku untuk semua jenuis termasuk Jersey yang Original dari toko-toko resmi.
  • Hindari merendam jersey terlalu lama dalam rendaman berisi air yang diberi deterjen, waktu yang disarankan tidak lebih dari 5menit.
  • Jangan mencuci jersey dengan mesin cuci karena akan merusak sablonan dan serat kain.
  • Jangan mengeringkan menggunakan mesin pengering (spin).
  • Hindari menjemur menggunakan tali tapi gunakanlah gantungan (hanger).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar