Kamis, 29 November 2018

CARA MEMILIH BOLA SEPAK

Bola sepak yang beredar di Indonesia kini semakin bervariasi. Berbagai merek, desain dan teknologi bola terus bertambah untuk mengakomodasi keinginan pecinta sepak bola di negeri ini. Untuk memilih bola sepak perlu diperhatikan beberapa hal seperti usia pemain, tujuan penggunaan bola serta lapangan sepak bola. Ikuti terus artikel berikut ini untuk menambah referensi Anda tatkala memilih bola sepak.


1. Pilih Ukuran Berdasarkan Usia

Sepak bola telah berkembang dan telah menjadi olahraga populer yang tidak hanya dimainkan oleh orang dewasa tapi juga anak-anak. Bola yang biasa dipakai oleh orang dewasa pada pertandingan resmi adalah bola berukuran 5. Penggunaan bola berukuran 5 pada anak-anak bisa menyebabkan cedera sehingga beberapa produsen membuat bola berdasarkan perkembangan otot dan tulang yang disesuaikan dengan usia anak-anak.
Bola yang umumnya ditemukan di pasaran adalah bola dengan ukuran 3 hingga ukuran 5. Selain bola ukuran 5 yang bisa dipakai oleh anak-anak usia 13 tahun hingga orang dewasa, terdapat pula bola ukuran 4 yang bisa dipakai oleh anak-anak usia 8 sampai 12 tahun. Sedangkan untuk anak-anak yang berusia 8 tahun ke bawah maka bola ukuran 3 adalah bola yang biasa dipakai.

2. Pilih Berdasarkan Penggunaan

- Pertandingan Resmi
Anda bisa memakai bola yang telah dinyatakan lulus tes oleh institusi resmi seperti FIFA, PSSI, atau institusi resmi lainnya untuk pertandingan resmi. Bola jenis ini adalah bola yang dipakai oleh pemain profesional di seluruh dunia.
Selain bola yang dipakai di pertandingan resmi, ada juga bola yang dipakai untuk latihan. Bola berstandar resmi FIFA bisa dipakai untuk latihan, namun beberapa bola latihan bisa mengalami modifikasi untuk meningkatkan keterampilan sehingga memiliki desain yang berbeda dengan bola yang dipakai untuk pertandingan resmi.

- Sekedar Koleksi
Bola sepak tidak hanya dipakai untuk pertandingan atau latihan namun juga telah dipakai untuk menghiasi ruangan atau kamar tidur. Beberapa bola dengan tanda tangan dan bola replika yang digunakan untuk momen bersejarah bisa Anda temukan dijual untuk hiasan atau koleksi.
Tampilan bola replika mungkin mirip dengan bola pada pertandingan resmi, namun bola ini bisa terbuat dengan standar yang berbeda sehingga tidak cocok jika dipakai untuk bermain sepak bola. Berhati-hatilah ketika menggunakan bola replika untuk bermain bola.

3. Pilih Berdasarkan Lapangan

Bola yang dipakai pada pertandingan bisa berbeda tergantung dari jenis lapangan. Bola yang dipakai untuk lapangan rumput alami dan rumput sintetis memiliki karakteristik kuat dan tahan lama. Bola untuk permainan futsal bisa dikategorikan bola berukuran 4 serta memiliki daya pantul yang rendah agar mudah dikontrol di lapangan futsal yang memiliki permukaan keras.
Umumnya bola sepak terbuat dari bahan PU (Polyurethane) atau PVC (Poly Vinyl Carbonate). Bahan PVC lebih murah dan tahan lama sedangkan bahan PU cenderung lebih lembut dan lebih responsif dari bahan PVC. Bahan PVC lebih tahan terhadap lecet yang ditimbulkan dari sepakan atau gesekan dengan permukaan lapangan. Bola dengan bahan PVC umumnya digunakan untuk latihan, indoor soccer dan futsal. Bola dengan bahan PU merupakan bola berkualitas tinggi yang biasanya dipakai pada pertandingan resmi sepak bola.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar