Kamis, 29 November 2018

JENIS-JENIS PUL SEPATU BOLA


Sepatu sepak bola berbeda dari sepatu lainnya, sepatu bola memiliki keistimewaan, yaitu memiliki studs atau lebih sering disebut pul, pul terletak di bagian alas sepatu berbentuk tonjolan dalam jumlah tertentu, pul ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan pemain ketika berada di lapangan rumput yang biasanya licin. Berikut Jenis-jenis Studs atau Pul Sepatu Bola.





1. Moulded atau Klasik



Ini merupakan bentuk yang paling banyak ditemui. Jenis lapangan di Indonesia yang cenderung keras cocok dengan studs jenis ini. Umumnya studs jenis ini terbuat dari bahan jenis polimer (plastik). Jumlah studs antara 10-20 buah.
Menurut Kispa Football, studs jenis ini memiliki kelebihan dalam meningkatkan grip saat bermanuver. Selain itu, studs jenis ini juga stabil digunakan di lapangan sintetis.

2. Blade



Studs berbentuk blade sebenarnya merupakan pengembangan dari model moulded atau klasik. Perbedaan utamanya terletak pada bentuk studs yang tidak lagi bulat. Bentuk studs itu menyerupai garis atau sayatan (blade). Sehingga jumlah gigi yang berbentuk blade dan klasik tidak berbeda jauh, yaitu 10 – 15 gigi.
Pergeseran bentuk studs dari model bulat ke blade tidak lepasa dari gaya permainan saat ini yang semakin cepat. Sebab, kelebihan blade dibandingkan dengan yang berbentuk konvensional adalah traksi dengan lapangan. Stude berbentuk blade memiliki respon lebih bagus saat terjadi perubahan kecepatan lari.

3. Screw In 

 


Jenis ini digunakan ketika bermain untuk rumput yang tebal atau sangat lembut. Sepatu dengan studs jenis ini biasanya terdiri dari enam-sepuluh gigi.
Jumlah yang lebih sedikit dikompensasikan dengan ukuran panjang gigi yang lebih panjang. Biasanya sepanjang 1.3-1.6 cm agar daya cengkraman sepatu ke lapangan lebih kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar