Kamis, 29 November 2018

CARA MERAWAT DAN MEMILIH SEPATU SEPAK BOLA


Merk, model, dan jenis sepatu bola kini semakin beragam. Mulai dari yang ratusan ribu hingga mencapai harga di atas 4 juta. Dalam proses pemilihan sepatu bola, ada sejumlah kriteria yang harus diperhatikan. Hal paling dasar yang menjadi faktor utama pemilihan adalah soal studs atau pul sepatu. Studs menjadi pertimbangan utama lantaran terkait dengan jenis lapangan yang dipakai bermain.

Setelah studs, barulah faktor lain yang dipertimbangkan. Upper atau bagian luar sepatu, mulai dari bentuk dan bahan pembuatnya. Kualitas terbaik untuk bahan luar sepatu adalah yang terbuat dari kulit. Namun lantaran harganya yang mahal, banyak produsen sepatu yang menggantinya dengan bahan PU atau dikenal dengan bahan kulit sintetis dan PVC.


Faktor terakhir yang bisa dikatakan sangat menentukan adalah sisi personal calon pembeli. Meski studs dan upper menjadi pertimbangan penting, kemampuan dan keinginan personal seperti gaya bermain, corak, dan selera tidak bisa dikesampingkan. Termasuk juga soal warna.
Kenyamanan menjadi faktor yang utama. Sepatu yang nyaman tidak hanya membuat seorang pemain bisa mengeluarkan segala kemampuan terbaiknya. Pun menghindari dari cedera yang mungkin terjadi.

Tahapan Memilih Sepatu

1. Tes Elastisitas

Cobalah tekuk bagian depan sepatu. Sepatu bola yang baik, saat ditekuk yang terangkat adalah pada sepertiga bagian depan. Sebab itu sesuai jari dan penggunaan bagian depan kaki saat menendang.

2. Pakai Kaus Kaki

Sepatu bola tentunya digunakan dengan menggunakan kaus kaki. Dengan menggunakan kaus kaki terlebih dahulu, kita bisa merasakan ukuran yang pas untuk kaki kita. Sepatu sepak bola itu harus fit sejak pertama kali dipakai.

3. Siang Hari

Ukuran kaki biasanya berubah-ubah. Saat pagi hari, biasanya bukan ukuran terbesar’ dari kaki kita karena masih mungkin mengembang. Paling ideal membeli sepatu adalah pada siang hari setelah ukuran kaki ‘normal’ lantaran sudah menjalani aktivitas.

Tips Tambahan

Saat pertama kali mencoba sepatu untuk periode yang lama, sebaiknya oleskan lotion pada bagian kaki yang berinteraksi langsung dengan sepatu, misalnya tumit dan jempol. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lecet.
Pakai sepatu untuk latihan terlebih dahulu sebelum bermain untuk sebuah pertandingan. Rasakan penggunaan sepatu selama 30 menit. Waktu tersebut sudah cukup untuk mengukur nyaman atau tidaknya sepatu.

Cara Merawat Sepatu

Setelah dipakai, bersihkan sepatu menggunakan sikat untuk melepaskan lumpur, jangan direndam
Setelah dibersihkan, gunakan koran bekas untuk mengeringkannya. Jangan dijemur langsung. Jika dikeringkan secara berlebihan, misalnya terlalu lama dijemur, material pembentuk sepatu akan mudah rusak, apalagi yang terbuat dari kulit sintetis. Penggunaan semir juga diperkenannkan untuk sepatu berbahan dasar kulit asli
Khusus model screw studs, studs dilepas setelah sepatu kering. Keringkan bagian yang masih basah di bagian dalam mur. Ini untuk mengantisipasi timbulnya karat.
Jangan gunakan sepatu sepak bola di atas material yang keras seperti aspal. Hal ini akan mempercepat rusaknya studs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar